Jumat, Agustus 03, 2012

masa depan

kalo Allah itu hanya akan menghisab apa yang kita pilih, lalu pertanyaan nya, mau milih yang manakah kita?
bicara masa depan emang agak membingungkan. kira2 apa yang akan saya tulis? jodoh? nope. saya ingin nulis tentang jalan hidup.
saya awalnya udah punya rencana mulus banget buat hidup saya kedepannya. beres koass, ptt, daftar PNS, cari beasiswa s2-s3 keluar negeri, pulang ke Indonesia dengan banyak bekal dan menjalani profesi di PNS struktural. hal-hal yang sangat jarang diminati kawan2 saya di kedokteran mungkin. tapi kehidupan selama koas mengobrak-abrik hati dan pikiran saya.
koass sambil ISMKI dan masih ngurusin kemahasiswaan itu bikin saya jadi bener2 membandingkan kehidupan mana yang mau saya pilih, klinisi atau birokrasi. jawabannya jadi sungguh berubah dari niat awal. saya justru ingin jadi klinisi. bukan karena kehidupan ISMKI yang saya jalani saat ini, tapi lebih kepada "saya ingin bergerak bebas". hidup di birokrasi itu banyak pagarnya dan saya memang merasa this is too much for me doing these stuffs. Dari kecil, saya cuma ingin jadi dokter, dan menyisakan waktu lain dalam sehari untuk semua aktivitas "bebas" yang mau saya lakukan di masa depan. saya ingin menghabiskan waktu saya untuk benar-benar mengabdi seperti semua gambaran yang sering muncul di mimpi saya sejak kecil. mimpi yang membawa saya benar2 jadi mahasiswa kedokteran.

Dulu waktu di SMA, saya pernah punya rencana mulus dengan tidak kuliah di FK, tapi rasa yang ada saat itu justru tiba-tiba berubah. Sampe2 orang terdekat saya saat itu bertanya, "mana yg bikin kamu lebih nyaman, ngerjain ribuan soal matematika atau belajar biologi?". jawaban saya memang jelas "ngerjain ribuan soal matematika", tapi justru yang saya rasa, saya ingin keluar dari zona nyaman saya, mencari tantangan yang membuat saya berjuang sangat keras sampe saya mencapai limit. itu juga yang sedang saya rasakan. bukan gak suka lagi atau merasa IKM-fammed itu gak bakat saya, tapi saya ingin mem-push diri saya sampe ujung limit yang saya punya sekarang, sampe lelah selelah2nya, tapi tetep melakukannya dengan passion. :) kayak waktu mau masuk FK dulu.

Popular