Minggu, Februari 05, 2012

amanah sebagai bentuk pembelajaran

bismillah.
semoga pemikiran random sangat random, dasar dan sangat mendasar ini bermanfaat. Aamiin.


kita jangan lupa kalau pembelajaran itu juga harus dilakukan secara sadar. dan kalo kita sadar, sebuah pembelajaran yang baik itu ada alurnya. kayak hidup, ada alurnya.
kalo dianalogikan membangun rumah, pembelajaran itu gak bisa sporadis. harus dimulai dari fondasinya dulu, bikin tiang2nya, bangun dindingnya, baru bikin atapnya. udah kebentuk bangunan nya pun kita perlu menyempurnakan nya dengan mempercantik interior dan eksteriornya. gak mungkin kaan kita bikin fondasi, bangun atap, abis itu interiornya, baru bangun dindingnya??? mau jadi apa rumah itu????
persis kayak proses belajar, harus tau dulu tujuan akhirnya mau jadi gimana, baru deh mulai step2nya.

sama kayak amanah.
harus dilakukan secara sadar dan ada alurnya.
amanah juga bagian dari proses pembelajaran hidup.
jadi kita harus tau dulu buat apa jalanin amanah itu, kenapa kita harus nerima amanah itu, dan seperti apa amanah itu, supaya kita paham tentang apa yang harus dilakukan buat memenuhi tanggung jawab itu. jadi kita gak salah kaprah ngejalaninnya.

terus proses belajarnya dimana????
pembelajaran itu memang justru banyak didapat saat kita melakukan banyak.

pelajaran dari sebuah amanah adalah setiap hikmah yang didapat dari setiap masalah yang dihadapi dalam proses menjalankan amanah itu.
makin banyak amanah, makin banyak masalah, makin banyak belajar. *harusnya
tapi melakukan banyak tanpa kemampuan mengambil hikmah, totalitas, loyalitas, dan keikhlasan justru bikin kita gak dapet apa2.

wallahu'alam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular