Rabu, Oktober 31, 2012

Si awam bicara budaya

Sejenak nangkring di wc, saya liat sebuah kain samping batik ngegantung, ngingetin saya sama kata2 sahabat saya, fulki fadhila. Ya, banyak orang gak tau kalo saya hoby banget pake kain. Mau itu samping pantai, samping batik, sarung batik sampe sarung kotak2 cap ga*ah du*uk juga saya suka pake. Ini kebiasaan orang sunda banget, minta diperosotin, kata si fulki. Hahaha. Tapi saya kira semua orang jaman dulu suka pake beginian deh. Coba aja liat di film2 jadul, orang jawa, sunda, betawi, padang, aceh, pada pake. cuma papua aja yang nggak kayanya. Hihihi

Sejarahnya berawal dari uyut perempuan saya (ma' enék) yang suka pake kain. Beliau dulu, biar gak merosot, kainnya diiket pake sabuk kulit. Gagah banget lah dan keliatannya enak dipakenya. Terus diikutin sama ibu saya sejak SMA. Kata ibu, baru SMA soalnya waktu SMP masih bocah, ga dikasih pinjem samping sama nenek dan uyut. Nah, si ibu ga malu2 ngadepin temen yg main kerumah pake samping. Nenek suka marah2 sama ibu, katanya 'anak muda kok pake samping? Kayak emak2 aja'. Si ibu juga sampe sekarang kadang ke warung masih suka pake sarung, dan diejekin tetangga2. Tapi ibu ngerasa ga ada yang salah, cuma ketawa2 aja. Dan kejadian itu berulang sama saya, hampir sama persis. Bedanya, saya ga tinggal sama nenek, jadi nenek ga bisa marahin saya. Lagian nenek emang terlalu baik sama saya, ga bisa marah, malah ketawa aja. Hehehe. Kesukaan ini bikin ibu selalu nyelipin kain di setiap bawaan saya kalo pergi jauh lama (sekitar seminggu). Alasan ibu, biar saya selalu ingat beliau kapanpun.

Dibalik cerita ini bikin saya sadar, keluarga saya bukan seniman, bukan orang2 dengan jiwa seni yg kuat, tapi keluarga saya adalah orang2 yang sangat menghargai budaya sendiri. Saking sukanya pake kain, ibu punya koleksi kain samping dari semua tempat yg pernah didatengi, sumatra, kalimantan, jawa, bali, sulawesi, dll. Bapak saya, orang sospol yg cinta budaya sunda. Bapak sampai sekarang sering bilang, mari kita sunda-kan kehidupan sosial kita karna sunda itu lengkap, silih asah (saling mengembangkan), silih asih (saling menyayangi), silih asuh (saling mengayomi). Kakak2 saya yang cinta sopan santun serta bahasa sunda (meski ga begitu baik kemampuannya).

Miris ketika saya pernah dipanggil kakak pramuka saya (sebulan yang lalu), dan saya jawab 'kah?' (cara lembut anak perempuan kalo dipanggil dalam bahasa sunda, kalo laki2 bilangnya 'kulan'), dia malah ketawa. Katanya geli rasanya udah ga pernah denger itu lagi. Kan, hal kecil kayak gitu aja udah ilang. Apalagi kalo ngebahas cara nulis basa sunda, suka kesel sama orang yg so2an nulis basa sunda di twitter atau fb atau sosmed lainnya tp salah2, antara e, é, sama eu, terutama.

Saya ga paham banyak tentang budaya sunda, tapi saya bukan nasionalis yang lupa sama asal usul sendiri. Siapa yang cinta budaya kita kalau bukan kita sendiri. Mulailah dari hal2 kecil di kehidupan sehari-hari, karna budaya adalah pola hidup yg ada esensi dibalik semuanya. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular