Jumat, September 30, 2011

me and my minor thesis

sebuah cerita unik dalam perjalanan skripsi aku. pertama melihat daftar judul skripsi, tidak ada satupun judul yang menarik hati aku. sedih sebetulnya, karena dari daftar itu tidak ada satupun judul dari bagian Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM). saat itu aku berpikir bahwa mungkin tahun ini tidak boleh ada mahasiswa yang mengambil judul dari bagian itu.
aku mencoba membaca berbagai artikel, berita, dan browsing di internet. akhirnya bertemulah aku dengan Ilmu Kesehatan Anak. aku coba merangkai puluhan judul dari bagian itu yang benar-benar muncul dari otak aku. beberapa judul aku konsultasikan dengan dosen CRP, dan semua ditolak. sedih dan pasrah.
tapi tiba-tiba, ada pengumuman kalau bagian IKM akan mengadakan briefing dengan mahasiswa yang ingin mengambil skripsi dari bagian itu. datanglah aku kesana. dengan semangat 45, janji yang jam 9, aku dari rumah jam 8 kurang. diperjalanan asik twitteran dan baca buku. lalu aku tercengang melihat apa yang ada disekitarku. bukan karena kagum, tapi karena shock. aku sudah sampai di UPI. zzzzzzz
sontak aku melihat jam tangan. 08.54. 6 menit menuju briefing dimulai. buru-buru aku putar balik dengan si mobil biru, margahayu-ledeng. dan sampai lah aku di eykman. saat itu sudah jam 9.30. aku super duper telat.
dokter elsa memintaku masuk. di dalam ruangan, aku di beritahu bahwa penelitian IKM akan diutamakan bagi orang-orang yang meneliti di Jatinangor dan mereka yang membantu penelitian dosen. aku tidak mau. sempat terpikir mengajukan 1 judul dari list yang aku punya, dan ternyata teman aku, mikoriza, sudah siap mengajukan judul itu. hadeeeehhh.....
singkat cerita, aku bolak balik konsultasi berbagai judul yang aku mau. dan akhirnya dokter sharon memberiku usul untuk mengambil judul "PERBANDINGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWA SMP DI KOTA BANDUNG DENGAN PROGRAM HEBAT DAN TANPA PROGRAM EBAT MENGENAI HIV/AIDS". oke, i'll take the risk. saat itu aku tahu benar kalau pembimbing di bagian IKM terbatas. hanya sekitar 60 mahasiswa yang bisa mendapat pembimbing langsung dari bagian IKM. dan yang di ACC terlebih dahulu adalah mereka yang mengambil penelitian2 yang diutamakan.

nothing to lose. berharap dapat pembimbing IKM dan judul itu di acc, aku siapkan bahan bacaan untuk judul kedua ku. khawatir kemungkinan buruk terjadi.
seminggu sebelum KKN dimulai, dan saat-saat menjelang sooca, daftar nama pembimbing pun diumumkan. YES! judul pertamaku di acc. tabel-tabel yang banyak itu buat aku agak pusing lihatnya. geser tabel ke kanan sedikit, aku lagi-lagi kaget. tunggu, tunggu. ini betulan pembimbing aku? dokter yang aku ngefans berat, meski baru sekali ngajar, dari sekali itu aku tau beliau luar biasa.

bimbingan berjalan. beliau selalu memberikan pencerahan. senang, sangat senang bisa memiliki pembimbing seperti beliau. bahkan mungkin orang melihat aku agak arogan dengan perilaku aku ini. berbagai konflik terjadi dengan judul yang aku punya. tapi alhamdulillah, dalam h-5 jadwal sidang UP, aku dapat informasi kalau judul itu tidak perlu diganti. fiuuuhhh...
selama mempersiapkan bab 1-3, aku dapat informasi kalau kang arifa mendapat penghargaan sebagai presentan terbaik di annual congress Osaka University, Jepang. ia berangkat bermodalkan skripsinya. setelah aku baca artikelnya, skripsinya adalah satu dari sekian judul yang aku konsultasikan dan ditolak dosen CRP. itu rasanya semacam eeerrrrggghhh.... -_________-"
minggu lalu harusnya aku sidang UP. aku masuk ruangan tutorial, dan kepenuhan. akhirnya aku memutuskan untuk pindah ke laboratorium komputer. dan penuh juga. aku disuruh pindah. masuklah aku keruangan ketiga, nyaris saja mereka juga tega mengusir aku. tapi aku ditempatkan di urutan ke-11 untuk presentasi. itu tandanya aku tak akan UP hari itu. harus menunda seminggu.

bener2 belajar sabar dan telaten dari skripsi ini. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular