Jumat, September 30, 2011

Pendidikan Karakter

setuju. itu yang saat ini sedang dibutuhkan oleh negeri ini, Pendidikan Karakter.
lelah liat di TV, denger dimana-mana tentang kebobrokan negara saya karena OKNUM!! saya tau di pemerintahan itu tidak semua salah, tidak semua jahat. tapi oknum ini membuat masyarakat lelah menyaksikan televisi, lelah memperhatikan perkembangan bangsa, lelah mendengar keluhan tentang negeri.

dokter memiliki tugas sebagai teladan masyarakat, tapi banyak dokter tidak berkatakter. itu poin masalahnya. dan Prof. Yudi latief memaparkan teori2nya tentang pendidikan karakter, ia mencakup 3 hal : (1) moral dan agama, (2) citizenship, (3) personality development. 3 poin yang saat ini sedang ada di zona abu-abu negara kita. pengetahuan agama yang tinggi tidak menjamin seseorang bebas dari korupsi. departemen agama saja saya tau, tidak lepas dari kasus yang ada. citizenship yang saat ini tak lagi diindahkan oleh warga negara indonesia. dan terakhir pengembangan pribadi yang entah mengarah kemana.



tertarik dengan statement sahabat saya, Taufik Akbar, Ketua Senat Mahasiswa FKUI, "terlalu kejam kalau kita membebankan dosen-dosen mata kuliah yang banyak ini dengan pembentukan karakter yang diharapkan terbentuk dalam 4 tahun s1". saya sangat setuju. karena pembentukan karakter tidak dapat dibentuk dalam waktu cepat. tapi saat ini yang saya pikirkan bukan lagi "jangan A atau jangan B". yang saya pikirkan adalah "apa yang harus saya lakukan?". tidak. saya tidak bisa bergerak sendiri. saya tidak akan bisa berjuang sendirian untuk upaya sebesar ini.

--to be continued--

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular