Rabu, April 23, 2014

Belajar dari keadaan

Mencoba mencerna ungkapan prof. Tri tentang "belajar menghadapi masalah". Ini emang masalahnya naik turun, bikin hati juga naik turun, bikin iman agak naik turun, dan bikin logika ikutan naik turun. Tapi harus dijaga tetap tenang, tetap stabil, tetap jernih akal dan hati. Berat memang, tapi harus bisa kalau mau lulus dari cobaan ini.

Ternyata kita bisa belajar banyak hal dari proses ini. Tiba2 liat neneng fulki ngepost di TL Line dengan kalimat "gak usah mati-matian ngejar yang gak dibawa mati". Sungguh nampol banget sama diri sendiri. Strike banget. Bikin nanya sama hati nurani, apa yang sebenernya lagi saya perjuangin? Ego saya? Mimpi saya? Keadilan hukum? Kepentingan publik? Atau memang kebenaran? Sungguh, Allah yang Maha Haq. Saya gak tau apa ini, tapi yang saya yakini saya sedang memperjuangkan apa yg saya anggap benar, dan semoga memang itu jalan kebenaran.

Kemudian naik turun nya emosi saya kepicu sama naik turun nya emosi sejawat2 saya. Sempet ikut naik. Sempet ikut emosi. Sempet jadi marah2. Sempet jadi galak. Tapi sejenak, semua mereda. Hanya sesaat, hanya nafsu. Aiihhh....memalukan. Sampai2 di pm sama adik angkatan, diingetin untuk gak ikut emosi, gak ikut marah2, gak ikut kebawa arus. Coba lihat lebih dekat, lihat lebih teliti, dan kuatkan langkah. Tenang, tapi tegas. Jaga akal sehat. Kalau emosi, akal sehat bisa hilang semua.

Belajar untuk kemudian nggak banyak galau di sosmed. Cukup seperlunya. Perbanyak galau sama Allah saja.

Saya pun sangat salut sama orang2 yg ternyata ada di atas sana yg menentukan kebijakan. Ini bukan soal mudah. Bukan soal yes or no. Tapi juga tentang banyak kepentingan. Butuh telaah lebih dalam, butuh ilmu lebih baik, dan butuh wawasan lebih luas. Dan tentunya butuh mental yang kuat dan hati yg tenang. Saya mau seperti mereka (dalam hal positif) yg luar biasa itu.

Dan saat ini saya menemukan dosen favorit saya lainnya, Prof.Dr.Med. Tri Hanggono Achmad, dr. Terima kasih banyak, prof atas ilmu nya. Meski pertemuan saya dengan beliau tidak begitu banyak, tapi sejauh ini prof tri telah memberi saya banyak ilmu, pengalaman, inspirasi, dan semangat. Terima kasih, prof. Alhamdulillah :)

Popular