Rabu, Maret 30, 2011

ikhlas atau takabur

entah jalan ini benar atau salah, tapi ini yang saya lakukan.
waktu kecil, saya beramal karena takut dimarahi orang tua.
beranjak remaja, saya beramal karena malu sama teman.
di penghujung masa remaja, saya beramal karena ingin meraih syurga Allah.
sekarang, saya beramal karena saya tau Allah ingin itu tanpa mikirin syurga ataupun neraka.

terkadang jadi mikir bahwa itu adalah sebuah bentuk ke-takabur-an saya terhadap siksa Allah di neraka. tapi ada ustadz (yang juga murid ibu saya) bilang, justru itu bagus. berarti kita udah ikhlas dalam beramal, sudah tidak lagi mengharap imbalan dari Allah berupa syurga. belum nanya sama ibu, tapi segera akan dilakukan. :D
soalnya saya jadi bingung apakah yang saya jalani ini benar atau salah. mungkin ada yang bisa membantu saya mendiskusikan ini. supaya kalo salah, saya bisa langsung muter balik jalan. :)

2 komentar:

  1. Allah yg nyuruh kita ngejar surga.
    coba buka QS. Al Hadiid (57) ayat 21.

    ada ayat2 lain juga

    BalasHapus
  2. tapi tidak kah itu jadi kita beramal dengan pamrih?
    dalam artian, kalau Allah gak menjanjikan surga, belum tentu kita beramal...

    BalasHapus

Popular