Kamis, Desember 16, 2010

do everything passionately

Ya Allah.. luar biasa apa yang saya alami 2 bulan terakhir ini...
mulai dari perjalanan menuju pencalonan sekwil *tapi gak jadi sekwilnya, proses sampai mengatakan "yes, i will" ke pak sekwil, perjalanan pasca itu yang semuanya bersamaan dengan program kerja terakhir senat mahasiswa fk unpad 2010, kuliah respiratory system, dan persiapan menjelang sooca.. sungguh luar biasa.. tak ada mengenal lelah.. *sebenernya capek, tapi tubuh ini sudah mulai resisten dengan semua itu

tidur sehari cuma 2 jam, bangun harus konsentrasi lagi buat kuliah, fokus belajar dan siap menjelajah organisasi lagi. nyampe rumah kamar berantakan dan harus diberesin...gimana gak mabok tuuh.. ada yang ngomelin aku karena ini, ada yang seneng liat aku totalitas, ada yang ngomel karena aku salah ngerjain tugas. macem2... tapi aku sih seneng aja ngejalaninnya, meskipun standar kerja orang2 disekitar aku ada aja yang bikin kesel; orang yang ngakunya pemimpin, tapi bullshit; orang yang janjinya A, nyatanya Z; dan termasuk kesel sama diri aku yang ngelakuin hal2 tadi..

Aku baru sadar, setelah menganalisis semua aktivitas aku 2 taun terakhir, kualitas standar kerja bergantung pada motivasi seseorang, dan motivasi seseorang bergantung pada PASSION dari orang tersebut. sehebat apapun dia, ketika dia melakukan sesuatu yang tidak dicintainya, dia tak akan pernah mengeluarkan kualitas sesungguhnya. dan passion itu bukan hanya untuk dikatakan. passion dan sebuah rasa cinta itu untuk disimpan dalam hati, dan ditunjukkan dalam perbuatan. do what you love, and love what u do.. itu kuncinya.

ketika ada temen curhat tentang kebingungan nya harus milih amanah mana taun depan, satu pertanyaan pertama yang aku bilang sama dia : "PUNYA MIMPI APA KAMU SETAHUN KEDEPAN??" bukan "KAMU DIBUTUHKAN DIMANA??". karena sebelum memenuhi kebutuhan orang lain, penuhi dulu kebutuhan hati kita. sebesar apapun kebutuhan orang lain terhadap kita, kalau kita gak ikhlas dan gak seneng ngejalaninnya, kebutuhan mereka pun belum tentu terpenuhi. *kalau bingung kenapa, lihat aja hierarki maslow. be the real human, guys!

aku gak pernah percaya kalau ada orang bilang "seneng" atau "suka" atau "cinta" sama sesuatu kalau mereka mengungkapkan itu dengan datar. makanya, aku juga gak pernah percaya orang itu bener2 seneng ada disebuah organisasi kalau kerjanya ga optimal. ketika ada temen yang gak optimal dalam kerjanya, satu hal yang aku tanya, "APAKAH SELAMA INI DIA BENER2 PUNYA PASSION DISINI? ATAU HANYA EUPHORIA SEMENTARA?" dan pertanyaan kedua adalah "ADAKAH HAL YANG MEMBUAT PASSION DIA HILANG?"

1 hal yang penting, gak perlu jabatan untuk nunjukin kecintaan kita, yang penting kita ngelakuin segala sesuatu dengan TOTAL, LOYAL, DAN IKHLAS. karena itulah PROFESIONALISME yang sesungguhnya *menurut saya.

semoga ini gak cuma omdo buat diri aku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular