Rabu, Agustus 03, 2011

kkn#4. BOOMM!!!

ada bom meledak di KKNM Sukamukti.
mungkin orang bilang ini berlebihan, tapi telinga saya sangat peka sama suara yang muncul. bahkan, sering banget kalo lagi ngobrol sama orang terus ada suara lain, saya jadi ikut ngedengerin. bukan berarti saya tukang nguping, tapi saya seneng merhatiin setiap suara yang muncul disekitar saya. dan ini mungkin jadi kemelut selama saya kkn.

ini bikin emosi saya turun naik betulan. bener-bener turun naik gak karuan. pertama, waktu kumpul perdana sama temen2 kkn. saya sedih banget,
kok kita kumpul dengan orang2 belum pada sholat ashar padahal udah jam 5 lewat, tapi semuanya santai aja. saya hectic sendiri minta rapat ditunda buat sholat dulu. alhasil, rapat tetep dilanjut tapi saya dan 2 orang temen saya skip buat sholat. ini agak errrrrrr.....nyeremin buat saya. ngebayangin nanti kkn akan seperti apa dan gimana, takut...takut ada di lingkungan gak ideal secara spiritual. dalam artian, semangat saling membangun nya itu looh....

selanjutnya di pertemuan kedua di DU. saya bener2 gak ngerti apa yang terjadi, seharusnya yang namanya kumpul, rapat, telinga, mata, hati terfokus pada satu orang. tapi ini semua berisik, semua ngomong, semua bisik-bisik. saya kira ini mungkin karena baru kumpul pertama sama dpl, harusnya lebih respek dong sama beliau...tapi bzzzzzzzzz kayak suara nyamuk minta ditepok..

dan yang paling bikin emosi adalah setelah ada di lokasi kkn. setiap kali rapat, agenda ga pernah jelas, keputusan ngegantung semua, dan jelas karena agenda gak jelas, segalanya jadi gak jelas. bikin pusing. Sebenernya apa sih yang di omongin????

udah gitu semua orang heboh dengan pendapat masing2. semua orang sibuk dengan agenda masing2. dan entah salah saya apa, beneran sedih dengan kejadian ini, tapi rasanya tiap kali saya ngomong gak ada yang mau dengerin. apa karena omongan saya ga penting? karena saya bukan siapa2? *kok jadi galau??
saya tiap hari perhatiin orang satu persatu kalo lagi rapat. ada yang sibuk sama BB nya entah lagi pacaran atau apa, ada yang bisik2 tapi kenceng sampe saya bisa denger dalam jarak beberapa meter, ada yang emang jelas ketawa2 dengan obrolan sendiri *ini paling parah ga sopannya. bener2 mengganggu dan annoying nya parah.

seminggu di lokasi kkn, saya marah meledak di depan mereka semua. saya gak suka banyak ngomong kalo bukan lagi forumnya. mereka yang anggap saya pendiem, anggap saya serius, tiba2 DUARR! meledak nya beneran. kalo saya bisa nangis, mungkin udah pengen nangis sangking rungsingnya liat kelakuan mereka. saya beneran sampe bilang "saya punya standar begini. saya ga tau standar kalian segimana, tapi saya mohon kerja samanya. kalau memang kalian ga bisa memenuhi standar kerja saya, gak apa-apa. tapi jangan salahkan saya jika saya punya pandangan yang tidak sesuai harapan kalian.". beneran itu kalimat yang keluar dari  mulut saya.
tau apa yang terjadi setelah itu? semua orang diem. dan diem sampai pulang pun diem sama saya. begitu dirumah, riri bilang "rim, gue tau yang lo omongin itu bener, tapi please, nada nya diturunin..." cuma bisa senyum dan minta maaf sama mereka. rasanya pengen bilang "tau gak sih lo kalo selama seminggu ini gue sangat terganggu sama sikap kalian yang kayak gini??" tapi saya tau, saya menyampaikan perasaan saya dengan cara yang salah. jadinya, diterimanya juga salah.

sedih lebih sedih adalah 2 minggu setelahnya. kelakuan ini mencuat lagi. sampe saya bener2 gak tahan ada di tempat rapat. sebelah kanan saya ketawa ngakak. sebelah kiri saya ngomongin A. belakang saya ngebahas B. di ujung sana ngomongin gak tau apa. mending kalau bisik-bisik. ini mah sampe kayak pasar induk dilewatin motor knalpot rombeng. berisik parah.

ketua pelaksana kegiatan sama kordes udah gak ada yang dengerin. apalagi saya. yang ada saya cuma tutup telinga. pengen teriak. pengen marah. tapi saya tau, kalau saya marah saya bakal makin sendiri. saya akhirnya memutuskan buat ke wc, ambil wudhu. beres itu, saya kira udah beneran beres fraksi2nya, ternyata ga berubah. ujung2nya psikosomatis saya kambuh. pusing dan mulai sesek. gak ada yang tau. gak ada yang sadar psikosomatis saya mulai kambuh. saya cuma minta izin sama pimpinan rapat untuk istirahat.

bener2 belajar banyak2 sabar di kkn ini. sabar melihat keadaan orang-orang yang plural dan tidak sesuai harapan.

dan satu hal yang saya pikir, Indonesia emang krisis MORAL. buat menghargai temen sendiri aja susaaaahhh banget.

ini bukan saya udah hebat, udah bagus, udah sempurna. tapi ini unek2 saya aja selama kkn kemarin. dan ternyata harus meledak di depan mereka semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular