Senin, Agustus 01, 2011

kkn#3. sepuluh pura-pura ninja

Sebelum cerita lebih jauh tentang kegiatan KKNM aku di desa Sukamukti, aku pengen cerita dulu tentang sahabat-sahabat yang aku temui disana. 28 hari bersama 23 orang yang unik. Bener2 unik. Ada 10 ninja yang menghuni rumah a egis. Aku kenalin satu persatu.


Ninja#1. Abang Rizki
Pertama kali ketemu, respon aku cuma “takuuuuuttt”. Tapi setelah sebulan mengenal abang, aku sadar, abang gak serem kok.. dia baik, seru orangnya. Dia ngajarin kita permainan kartu remi, namanya “speed”. Main nya grasak grusuk banget dah. Kalau udah bisa main, kita semua coba main lawan abang. Yang bisa 5 kali ngalahin dia, berarti udah jadi dewa. Soalnya abang ini raja terakhir game ini.. hahahaha. Selain itu, aku juga baru tau kalau abang itu decision making nya bagus.
Meski dia gerakan nya bawah tanah, tapi aku merasa peran abang cukup signifikan berpengaruh di anak2 kknm sukamukti. Jadi penggerak, jadi pilot RI 1, jadi delivery galon. *eh? Hahaha. Yuppp! Abang itu yang selalu bolak balik isiin galon ke cisompet naik motor RI 1. Sosok yang ga pernah marah meski mungkin hatinya bete banget. Sosok yang toleran sama orang-orang disekitarnya. Sosok yang juga cukup peka sama orang-orang disekitarnya. Dan pusat gossip di anak2 cowo nampaknya. Hahahaha. Orangnya kocak luar biasa! Ga pernah ga ketawa kalo lagi kumpul2 ada abang. =))

Ninja #2. Legi “petruk”
Jahat emang kita manggil dia petruk. Tapi ini jadi ciri khas dia. Ada jambul di kepalanya. Kalo di foto mungkin gak keliatan, coba kalian liat rambut belakangnya, ada antene nya maaann!! hahahaha *peace,gi. Orangnya ga suka ngomong sebanyak anak-anak yang lain. Dan dia objek penderita banget di kalangan anak2 kknm sukamukti. Mulai dari rokoknya di banjur air waktu main di sungai, di tinggalin sendirian dirumah bu RW 01, bahan ejekan anak2,,,banyak laah… sampe kita menamai sebuah tanaman di pojokan jalan menuju kantor desa dengan nama “tugu petruk”. Soalnya bentuknya kayak rambut si petruk ini. hahahaha Dia ini seru buat diajak becanda, ga gampang sakit hati, kocak! Dari tampang dan penampilan, mungkin ada aja yang underestimate dia, tapi sebenernya dia oke looh. Dia seru buat diajak diskusi masalah aqidah dan fiqh, wawasan islam nya banyak, dan dia orangnya pembelajar gitu nampaknya. :) proud of you, gi..

*legi sama keshia

Ninja #3. Arya
Petani yang sibuk ngurusin tanaman nya. Suka dipanggil si “ganja” sama tokoh tani di daerah cikaso. Gara2 dia pernah pake baju dengan gambar daun ganja di acara rajaban di cikaso. Orangnya seru buat becanda, meski sedikit keliatan serius. Dia jago main kartu nya…mulai dari remi, gapleh, poker. Dia sampe bikin school of remi disana. dia sebagai kepsek, dibantu abang, lintang, dan aku sebagai guru nya. Dia ini sebenernya baik banget, meski tampangnya nyeremin. Laporan yang harusnya aku yang tanggung jawab, malah dia yang ngerjain. *Haduuuhhh maaf yaa aryaaa. Saya sampe sekarang merasa berdosa sama kamu. Orang yang ramah, gampang sosialisasi sama masyarakat, terutama sama pak aston. Dan dia itu unik. Kerjaan nya ngepul asep rokok, sama minum kopi. Katanya, kalau suaranya serak, cepet sembuh pake kopi. Padahal hubungan nya apa yaa??



Ninja#4. A eja
Awalnya, aku agak canggung, sangat canggung malah sama orang yang satu ini. Dipilih jadi kordes dengan pertimbangan…….apa yaa?? Kayaknya waktu itu kita main tunjuk aja.. hahahaha. Kata2 yang keluar dari mulut dia bikin gemes. Bukan gemes lucu, tapi gemes karena selalu bikin saya nunggu bentuk realisasi kata2 dia. Setelah banyak ngobrol sama dia, nyaman rasanya. orangnya easy going. Entah, tapi dia ngingetin aku sama sahabat aku di ismki wilayah 2 tahun lalu. Surya santosa. Karakter mereka mirip. Sama2 baik, sama2 bikin gemes, sama2 pembelajar. Tapi yang beda, dimata aku, a eja ini orangnya rada gengsian kali yaaa… :p Sempet ada konflik di kelompok yang bikin aku bentak2an sama dia. Dia sampe curhat banyak ttg keselnya dia depan anak2, udah cireumbay mau nangis, aku udah berharap ada anak cowo yang melakukan sesuatu buat yakinin dia kalau kita adalah satu. Ada 1 bagian yang aku suka. Waktu lintang suruh a eja berdiri dan langsung dipeluklah a eja sama lintang. We are family. Itu yang aku rasakan saat itu. Sosok yang sangat perhatian, dan dia bilang dia anggap aku sebagai adiknya. Saya sangat senang mengenal dia. lucunya, eye contact kita tuh biasa, tapi "say something" gak tau apaan. hahahaha. Orang yang paling bikin aku nyaman ada diantara temen2 kkn. Orang yang bikin aku gak ngerasa sendiri disana. *makasih, a. ^^

Ninja#5. Rio
Ini orang, otaknya koclak super. Speechless kalau ngomongin dia. Karena kata yang menggambarkan Cuma 1 : KOCLAK. Keliatan nya pendiem, ga banyak ngomong, sekalinya ngomong bikin orang2 naik pitam, alias garing LUARRRRR BIASA. Minta digebugin. Hahahahaha.
*bukti kesomplakan dan kekoclakan abang, rio, arya, bang aji

Ninja#6. Gani
Awalnya kita semua anggap dia SMW (Sakinah Mawadah Warohmah). Oke, memang mungkin sepintas Nampak begitu. Orang yang cukup baik berteman sama aku di awal kkn. Beberapa hal yang aku gak tau harus cerita sama siapa ttg keluhan2 aku, aku certain sama dia. Pendengar yang sangat baik untuk aku yang cerewet kebangetan. Setelah sebulan, oke, masihtetep SMW, tapi Somplak Mawadah Warohmah. Sungguh banyak kejadian2 aneh yang bikin kita semua ga ngerti lagi. Mulai sering lupa naro barang, suka tiba2 linglung sendiri, dan paling parah adalah kalo udah ngomongin cewe. SOMPLAK LUARRR BIASA. Tembakau pake dikira abon dan dimakan, narsis kelewatan di depan aku, tiba2 nyuruh sun tangan habis sholat, kalimat2 lebay pas muji cewe. Masih banyaaakk…..Emang ngaco bangeett nih makhluk!!!! Tapi yang aku suka dari dia, adalah meski somplak tapi gak ngerokok. Good job, gan!

Ninja#7. Bang aji
Awalnya kita kira dia sosok fiktif. Ternyata dia bener2 ada, kawan. Di awal pertemuan, aku pikir gak ada yang beda. sama aja sama yang lain. Tapi ternyata ada yang bedain dia dengan orang2 di kkn. Dia orang yang suka bermimpi., berimajinasi, dan sangat introvert. Tapi Alhamdulillah dia masih mau cerita sama aku. Dia itu peka, tapi kadang gak peka juga. Masa lalunya mungkin gak sebaik aku atau temen2 kkn yang lain, tapi aku percaya dia mau berubah dan akan terus menjadi lebih baik. Kita sampe nyebut dia RPUL. Diajak ngomong apa aja ngerti, whether it is right or wrong. hehehe

Ninja#8. Aa Gia
“Gia gia gia….” *plesetan lagunya afgan. Keliatan nya pendiem, tapi sebenenrya nggak. Pendengar yang sangat baik. Gak banyak yang dia suka omongin, tapi matanya berbicara. Hahahaha. Dia pernah belajar bahasa india waktu kecil, soalnya dia pernah ikut kakeknya ke Pakistan. Orang yang buat aku ngasih banyak pelajaran tentang agama, tentang makhluk ghaib, dan tentang bersikap. Orang yang seru diajak cerita2. Waktu pulang dari desa ke bandung, aku cerita banyak sama dia. Dan disitu aku berpikir, “sebenernya, ga pernah ada orang yang pendiem. Yang ada adalah dia nyaman bercerita atau tidak…” :)

*gia dan keshia

Ninja#9. Bung Lintang
Ini antara setengah gila dan setengah keren. Hahahaha. Suka tiba2 ketawa ngakak sendiri kenceng ga jelas. Suka narsis. Tapi dia bijaksana. Dia punya leadership yang baik. Bisa nempatin diri di kondisi apapun. Dan dia itu mungkin yang paling ngerti anak2 kkn. Dia bener2 tau gimana bersikap depan anak2, termasuk bikin a eja nangis terharu. :p dia punya sudut pandang yang unik. Punya semangat dan idealism yang hebat. Sangat pembelajar yang super semangat! Sangking semangatnya kadang suka pergi sendiri untuk belajar apapun yang bisa dipelajari. Bagi2 doong semangat belajarnya…. :p


Ninja#10. Teddy “jeber”
Sebenernya udah tau dia dari SMA. Karena kita satu SMA. Tapi gak kenal baik. Kita gak banyak interaksi dan sebelumnya juga mungkin gak banyak kepentingan untuk interaksi. Tapi setelah kenal di kkn, aku tau dia itu sangat pembelajar, sangat bersemangat, sangat kocak, sangat baik, paling SMW beneran deh. meski katanya suka ngelindur, tapi dia sangat sayang ibunya. Dia orangnya sebenernya lembut. Tricky! suka cari cara biar piring bekas dia makan dicuciin orang. Hehehehe Sosok yang paling aku kagumi di kkn sukamukti. Ga banyak bicara tentang kegiatan, ga banyak bicara tentang hal2 formal, kita justru bicara ttg hal non-formal. Tapi kuncinya adalah dia punya kharisma. Belajar banyak dari seorang jeber. Orang yang bijaksana dan pandai menempatkan diri. Dia juga motivator yang baik. ^^


itu sekilas tentang kesepuluh ninja yang sudah menghiasi hari-hariku selama sebulan. yeeiiiyy!!!! :D hontou ni arigatou. terima kasih banyak. ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular