Senin, Maret 11, 2013

Belanda #2

Hari pertama akan masuk kelas masih sangat bingung sama suasana pembelajaran akan seperti apa, bingung sama metode dosen seperti apa, dan bingung apa yang mesti disiapin. Luar biasa excited sama apa yang akan dijalani. Tanya sana sini tentang apa yang mesti dipelajari. Semua orang bilang, ga ada, karena ini hari pertama, cuma introduction. Okesip, saya pun bersiap melaju menuju kelas. Ah, pake kaki jalan 10 menit, lewat hospital tunnel yang kemudian saya tau dari dr.Ghozali kalo namanya terowongan suster Anna. Agak nyeremin siih emang, soalnya beberapa bagian ga ada jendelanya, jadi agak gelap.
Oya, saya punya temen baru. Namanya George Semango dari Tanzania. Dia lagi master disini. Dia nunjukin jalan buat kita menuju kampus tanpa nyasar, lewat terowongan suster anna itu. Dia banyaaaakkk banget membantu kita :)
Hari pertama, kuliah introduction, ga disangka saya bisa ngikutin penjelasan dosen dengan baik. At least, saya bener2 paham. Mr.Van Asen punya logat inggris amerika dengan artikulasi yang agak2 kurang jelas kadang. Sedangkan Mrs. Moniq, dia enak cara ngejelasin nya. Jadi asik2 aja lecturenya. Agak kaget sih, karena udah setahun lepas dari dinamika lecture, LI, tutorial, dan praktikum. Saya ngerasa emang pembelajaran koass itu spesifik banget bikin pola pikir kita klinisi yang symptom-based dan fokus ke pengobatan. Ketika saya mesti ngikutin lagi sistem kuliah gini, pola pikirnya mesti diperluas lagi. Ngereview lagi ilmu2 tropmed, ternyata sadar, basic science nya saya lupaaaaa banget.
Sesi kedua, saya ada kuliah simulasi namanya Health Resource Allocation Game. Tentang gimana kita membuat sistem kesehatan dengan metode spasial dan keuangan yang seadanya, tapi mesti se-efektif mungkin. Mendapat sekecil2nya care failure rate, cure failure rate, unnecessary died, dan lainnya. Di game ini kami dipecah kedalam kelompok2. Setiap kelompok mesti ada 1 international student. Ya, karena sebagian lain adalah dutch student. Interaksi agak canggung, karena baru mulai. Tapi gak masalah, semua berjalan baik. Kelompok saya gak dapet tanda merah satupun, cure&care failure rate ga terlalu tinggi, meski banyak overtreatment nya. Disini saya baru tau, sangat sulit membuat sistem kesehatan dan mendistribusikannya dengan merata, dengan budget seadanya. Apalagi untuk se-indonesia, pasti sulit, butuh waktu :) sabar!
Kalo kata dr.Denny IKM, di Indonesia ga begitu dipake metode spasial ini, tapi ini beneran penting kalo menurut saya. Soalnya distribusi masyarakat Indonesia itu ga merata. Ga bisa dipukul rata. Kita punya banyak rural area yang penduduknya tersebar dan sulit akses, urban area yang padat banget, area tinggi resiko penyakit2 endemik tertentu yang mungkin butuh care&cure khusus. Banyaakk yang bisa diserap manfaatnya dari metode ini.
Dank u well, meneer!

Popular