Senin, Maret 11, 2013

Belanda #3

Selasa, 5 maret 2013.
Sejak datang, gak dapet nasi. Subhanallah banget tiap hari makan roti itu kayak nyemil doang tiap hari. Dan senengnya, dr.Ghozali menghubungi saya. Agak malu sih, kenapa saya yang dihubungi sama beliau.. Tapi saya intinya seneng ketemu orang yang bisa diajak ngomong sunda. Hahaha
Sebenernya bukan ga suka sama orang2 dari berbagai negara disini, tapi ada temen buat ngomong sunda itu kayak ngerasa dirumah sendiri.
Sebenernya disini mulai kenal sama orang2 baru yang baik2 dari banyak negara. Ada ethan dari south africa, robell dari eritria, george dari tanzania, arun dari india, alex dari texas, nicol dari france. Seruuu! Tapi ga ada yang bisa ngalahin punya temen sunda. Hahaha (sorry, ga maksud rasis)
Ditunjukin jalan menuju tempat makanan indonesia sama dr.Ghozali, relieving! Akhirnya makan nasi juga. Hahaha. Beliau bilang, "kita mah temen aja disini mah.." Yah, dok, gimana ceritanya.. Disini temen dengan suasana yang beda, nanti masuk fk unpad lagi jadi dosen dan murid dengan kultur begitu, rasanya aneh. Hahaha. Makanya saya ga akan manggil beliau akang, cukup jauh usianya. Hehehe
Btw, tadi sesi kelasnya lecture ttg tropical diseases sama tutorial. Jadi kalo disini, kita ga harus bawa PR ke rumah. Kita dikasih waktu khusus untuk ngerjain PR, bisa dimana aja. Sebelum ngerjain, mingle dulu sama temen2 yg sekelas. Cerita2 tentang sistem kuliah. Di belanda, mahasiswa fk nya mesti 6 tahun kuliah untuk bachelor sama master, tanpa jadi GP. Tapi mereka ga bisa milih bachelor doang, mesti sepaket sama masternya. Kalo mau jadi GP, mereka mesti nambah 6 tahun. Status GP itu sama kayak spesialis ternyata. Beres master juga mereka bisa langsung milih jadi spesialis katanya. Cuma ga kebayang, kalo ga jadi dokter umum dulu, tiba2 jadi residen dan jadi spesialis. Mati aja gueeee! -_______-"
Kalo di nicaragua sama kayak di indonesia, tapi gak pake dipisah antara dokter sama sked nya. Seru karena banyak cerita pengalaman dll. Dan mereka dengan mudah cerita banyak hal. Sangat outspoken!
Balik lagi ke kuliah, kita ngerjain tugas bareng2. Ada waktu khusus untuk kita nyiapin tutorial sekitar 4 jam. Dan saatnya bersiap menuju tutorial pertama. Kirain bakal kayak di nangor, dibagi 10orang, ternyata sekelaseun (26 orang) langsung diskusinya. Agak kaget dan sedikit ngantuk. Entah kenapa, temen saya bahkan ada yang nyaris ketiduran. Karena mungkin diskusinya gak begitu jalan. Semacam diskusi hal yang cukup pasti, jadi gak begitu seru. Hehehe
Salut sama mereka, apapun yang ada diotak dikeluarin aja, ga mikirin penting ga pentingnya, ga mikirin bener ga benernya, pendapat adalah opini yang mesti dihargai :)

Popular