Senin, Maret 11, 2013

Belanda #4

So far, kelas gak terlalu istimewa. Meski hari jumat lalu saya mesti presentasi Avian Influenza in Indonesia, terutama aspek studi ekologi dan pencegahannya. Cuma 5 menit, tapi nervous nya luarrrr biasa. Sempet nge-blank gak tau mau bilang apa. Yang ada di pikiran cuma "gue mesti ngomong, gue mesti ngomong". Udah disiapin pun tetep aja, demam panggung. Jadi nampak lebih natural di presentasinya. Satu yang saya sadar disini, kami diajarkan untuk peduli bukan hanya apa yang ada disini saat ini, tapi belajar dari hal2 lalu, dinegara lain, ditempat lain. Saya diajarkan untuk mengenal pengendalian penyakit tropis yang ada di negara2 lain. Banyak hal yang sudah mereka lakukan dan bisa juga kita lakukan. Jangan hanya berpikir "da kita di unpad, jadi lakukan aja apa yang jadi protokol kita", karena kita ga sendirian :)

Hari sabtu ke Amsterdam pake kereta. Cupu karena ga tau dimana stasiun nya dan gimana naiknua. Udah gitu saya kan bingung tempat check-in kartu transportasi (ov-chipkaart) saya. Untung karena semua orang belanda bisa bahasa inggris, saya tanya2 laah sama mbak2 yang lagi geje berdiri sendirian. Ditunjukin tempat check-in nya. Eh, tulisannya dutch. Damn! Ga ngerti gueee....ini udah check in apa belum??? Dicoba lagi pun ga guna karena ga ngerti tulisannya. Tanya2 lagi lah sama si mba2 itu, sampe dibantu diliatin bisa apa ngga itu kartu. Ternyata yang keluar adalah saldo kartu saya, 29€, dan katanya si mba, itu udah masuk kok. Saya santai2 aja. Pas udah di amsterdam, saya cupu lagi kaan.. Pas check-out ga ngerti lagi sama tulisannya. Teuing ah ga peduli. Keluar aja deh pokonya.
Ketemu laah saya sama wanita wajah timur tengah dengan mata coklat hitam, bernama Rainbow Dilan. Saya dikenalin sama Affabile, dan saya dititipin indomie dari indonesia buat dia. Hahahaha lucu. Dilan ajak saya keliling amsterdam, meskipun ujan, becek, ga ada payung, dan fyi disini ga da ojek yaaa.. Hahaha
Dia nunjukin banyak tempat, maddame tuddsaud (tapi ga mau masuk), "small beverly street" (ga inget nama aslinya apa), flower shop, french fries enak, cafe cheesecake enak, dan tempat coba2 keju berbagai rasa dari yang enak sampe enek GRATIS! Hahaha. Secara belanda kan terkenal juga sama keju nya. Udah gitu diajak kerumahnya, dimasakin makanan turki, enak!!!!
Kenapa turki? Karena ternyata feeling saya bener, Dilan itu turunan turki kurdi. Ibu nya sama ayahnya dari truki, tapi warga negaranya dila itu netherlands. Ribet deh. Nah, ibunya sangat emosional dan sambil mangis2 meluk saya sambil bilang, "anggap aja saya ibu kamu, kapanpun bosen, kamu bisa kesini temui kami". Natural feeling seorang ibu :') Saya sebenernya ga ngerti beliau bilang apa, tapi Dilan nge-translate buat saya. Soalnya ibu nya cuma bicara dutch dan bahasa kurdi itu. Sebelum pulang, dibekelin nasi kurdi dan lauk khas turki, oleh2 belanda dan katanya untuk dibawa ke rumah di indonesia ga boleh dimakan disni, juga scarf cantik dari ibunya Dilan. Ketemu keluarga baru, sesama muslim, senaaaaang! Last words dari Dilan, "just enjoy your study, remember Allah always with you and everything will be ok!". Thank you, dear :*
Oya, selama di kafe cheesecake itu, ternyata saya sebelahan sama ibu2 orang Indonesia. Namanya ibu Susi. Beliau udah lama di amsterdam, 45 tahun. Beliau cerita banyak tentang anaknya dan mengapa beliau ada disini. Lebih serunya lagi, beliau ngajak saya kerumahnya lain waktu dan mau masakin masakan indonesia. Beliau kasih alamat rumah, telepon rumah, dan emailnya. Bulan depan setelah Putri dateng, saya akan hubungi beliau dan kerumah beliau, InsyaAllah :)
Senang!!! Alhamdulillah sekali, Allah sayang saya :')

Pulang dari amsterdam saya cek-in dengan udik lagi. Saya cek kartu saya isinya 29€. Berarti selama nijmegen-amsterdam saya ga bayar? Karena terakhir saya cek, isi kartu itu 36€ dan saya pake kemana2 sebelum naik kereta. Ah, ga tau.. Tapi yang pasti setelah di nijmegen saya cek lagi, ternyata saya cuma ngeluarin sekitar 20€ untuk perjalanan nijmegen-amsterdam-keliling amsterdam-nijmegen. Hahahaha ga ditangkep polisi juga. Mestinya 1 tiket nijmegen-amsterdam itu 17,50€. Entahlah. Suruh siapa pakenya dutch, saya jadi ga ngerti kaan.
Sampai di radboud hotel sekitar jam 10 malam, cape tapi puas! :D

Subhanallah....alhamdulillah sekali, Allah nikmatNya tak tergantikan :')

Popular