Kamis, September 12, 2013

Family Medicine #4 it almost end

hari ini ujian kasus Family Medicine. setelah kemarin habis2an ngerjakan status untuk ujian, buat flipchartnya, dan mempelajari semuanya, terbayar sudah perjuangan 5 hari kemarin di hari ini.

awalnya sempet dapet kabar kalau akan diuji oleh sang 'raja terakhir', bikin hati dagdigdug. berpikir untuk melawan, tapi rasanya gak mungkin. sekeras apapun saya berusaha, pasti selalu ada celah untuk beliau membantai saya di ruangan itu. setinggi apapun ekspektasi saya pada diri saya, saya gak akan bisa mengalahkan pengalaman guru saya. pelan2 dalam 5 hari saya bangun rasa percaya diri. rasanya gak sanggup. akhirnya saya ada di satu titik dimana saya bener2 cuma bisa pasrah pada takdir Allah, pasrah pada jalan yang akan Allah kasih, tapi saya gak mau jadi pecundang. sesekali terbersit untuk menyelesaikan semua ini dengan mata tertutup dan semua berakhir begitu saja, padahal itu mustahil. saya yakinkan diri saya bahwa apapun hasilnya, itu takdir Allah. yang saya harus lakukan adalah berjuang, kalaupun saya harus mati, saya mau mati terhormat di stase ini.

setelah seharian kemarin stress nyiapin ujian hari ini, pegel nulis status berkali2, tulis-hapus-tulis-hapus, nyusahin fulki dan bundanya di rumahnya bareng miko. pulang ke rumah dengan masih numpuknya kerjaan, tapi udah jam 11 malem dan mata udah belel banget, butuh energi lebih untuk nyiapin dengan niat. kalo kabar sang 'raja terakhir' itu gak pernah muncul, mungkin saya bakal sedikit menganggap santai dan ngerjain kerjaan2 itu seadanya. karena niat saya malem itu adalah saya mau bertarung sampai titik darah penghabisan, saya gak mau kecolongan start. dengan cuma tidur 2 jam, saya buat semuanya semampu saya. pagi2, disaat pathomechanism kasus belum selesai dibuat, saya udah ga sanggup dan malah tidur di mobil. oke, great! pasrah dengan apapun yang akan terjadi, saya cuma mau kerjain aja.

mesti nunggu sampai jam 11 kurang sampai akhirnya dipanggil untuk masuk ruangan 'panas' itu. begitu lihat pengujinya, Subhanallah, dituker dong sama penguji yang luar biasa baik hatinya. Alhamdulillah. takdir Allah memang selalu unik. keluarlah saya dari ruangan itu berbekal pujian dari penguji. lagi2 Alhamdulillah. kalau Allah ga pernah nakdirin saya dapet gosip tentang penguji saya kemarin itu, mungkin usaha saya jadi seadanya. saya bener2 dimudahkan dan dikuatkan olehNya. :)

cerita sama fulki via bbm tentang ujian hari ini, respon dia malah bilang saya ini anak PH banget. saya jadi mikir banyak. emang iya gitu? karena menurut saya, saya ga bisa banyak, ga tau banyak, dan harus belajar banyak lagi tentang PH. cuma, rasanya Allah selalu memudahkan jalan saya kalo udah berkaitan sama bidang yang satu ini. selain mungkin memang Allah mudahkan, saya akhirnya sadar bahwa kuncinya ada di hati kita masing2. saya ngerjain segala macam kegiatan di Family Medicine ini pake hati. mulai dari males ngerjain tugas karena saya pengen mengeksplor lapangan terus, cape liat teori2 karena pengen langsung praktek, dan sindroma2 gelas penuh lainnya. i really enjoy my work here.

ketika hati menjalani apa yang ia cintai dan mencintai yang ia kerjakan, seluruh tubuh secara otomatis tergerakkan untuk menyerap semuanya dengan lebih baik. otak lebih terbuka, pandangan menjadi lebih luas, dan hati menjadi lebih peka. ngeluh2 diawal, sampai harus disemangati orang, dan pelan2 mau ngerjain tugas sedikit2, sampai akhirnya sangat menikmati ini semua. bagi saya, yang namanya dokter itu ya yang kayak dokter keluarga ini. lainnya, buat saya macam robot. dan karena ini juga saya mulai sadar bahwa dokter adalah jiwa saya, bukan pekerjaan saya. :)

apapun hasil judicium besok, saya sudah menikmati prosesnya, saya puas dengan proses yang saya jalani, saya bersyukur sudah mendapatkan banyak hal. saya pasrahkan pada ketetapanNya. kalaupun saya harus 'mati', saya akan merasa 'mati' dengan terhormat, dan saya tidak akan pernah berpikir untuk menyerah lagi :)

Popular