Senin, April 08, 2013

Belanda #11 What a day!

Hari yang ditunggu akhirnya dateng, Prof.Tri dateng ke Nijmegen, Belanda untuk urusan kerjasama dengan Radboud University Nijmegen. udah di wanti2 sama dr.ghozali untuk ngeluangin waktu, dan ternyata bener, diajak jalan kita.diluar dari ditraktir makan sama beliau, hari ini saya berpikir banyak, punya ide banyak.

Bener kata Prof.Tri, secara metode belajar, Fk Unpad itu comparable dengan metode disini. Ini karena di Belanda yang problem-based itu baru Maastricht University aja. Yang membedakan justru ada dari sisi kultur belajar, pendidik, dan fasilitas infrastruktur.

kultur belajar disini luar biasa beda. mereka dibiasakan berpendapat dengan leluasa tanpa merasa akan disalahkan. ini juga ga terlepas dari aspek pendidiknya dalam merespon setiap jawaban orang2 meski kadang jawaban konyol kalo dipikir. Sedangkan saya, kelamaan di koas jadi pasif. Rasanya takut mau bicara, bertanya, atau berpendapat. Rasa takut di bilang goblok itu datang tiap mau bicara. Makanya suasana kelas jadi gak dinamis, cara berpikir kita pun jadi gak dinamis. Belum lagi kalo tutorial udah males, ngantuk, bosen denger orang ngomong, tutornya juga abal. Bahayaaaa! padahal, otak kita akan lebih terstimulus ketika kita mencoba berpendapat, kemudian direspon, berpikir, dan semakin dinamislah kerja otak kita. ujung2nya, berpikir jadi lebih cepat. saya belum pernah baca penelitiannya, tapi buat saya: it works!

Disini, otak kita diarahkan untuk punya mindset yang ga cuma klinis, tapi juga aspek2 non-klinis. Secara, kita kuliah bareng sama temen2 biomedical science yang dituntut memahami aspek klinis sebagai bagian dari pengembangan ilmu biomedis. Lagipula, aspek kesehatan itu ga sebatas masalah diagnosis, obat, tindakan medis dll, tapi juga aspek ekologis, epidemiologis, genetika, mikrobiologi, daannn masih banyak lagi. Pola pikir ini penting untuk dijaga oleh seorang dokter tapi di koas emang susah banget untuk tetap begitu. Masalahnya, panggilan "dek, koaasss!" dan ketajaman mata konsulen membuat kita sulit punya akal sehat, justru sibuk dengan aspek klinis sampai lupa urusan non-klinis nya. kalo saya bilang, ini namanya "Ga Punya Hidup", bisa tetep sehat aja udah untung. hahaha

selain itu, kita juga ngobrol ttg riset dan iklim di FK Unpad. Iklim riset yang dikenalkan di Radboud University  ke saya bikin saya cukup takjub. mereka dibiasakan hidup dengan 5 jurnal seminggu, minimal. hal itu bikin jurnal dan penelitian adalah hal biasa buat mahasiswa disana. waktu semester akhir, kita dibiasain dengan jurnal lewat critical appraisal di semester 5. terlambat rasanya. Di Radboud, mahasiswanya digiring untuk terbiasa berdiskusi berbasiskan jurnal. teksbuk masih dipake sih, tapi proporsinya beda. Disini mereka distimulasi untuk bisa menyimpulkan research question, dan mengesankan kalo bikin research question itu gak susah looh. Dari 4-5 jurnal aja, kita bisa bikin bab 1 kok, dalam sehari. Ga percaya? We did it! Hanya saja, sistem belajar, dinamika kelas dan lingkungan, dan pengajar mesti ambil andil masalah ini.

Pengalaman2 itu gak akan pernah ada di FK Unpad selama pengajarnya masih bermental "kolot". Istilah jaman dulu, di daerah sunda, yang namanya sekolah itu "sidakep bari balem". artinya, duduk manis dan mulut ditutup. mau jadi apa kita kalo terus begitu? manut2 sama kata guru aja, ga mencoba kritis, dan gak terbiasa berpendapat. Kalo pendapatnya beda, nilainya jadi jelek, itu non sense. Yang penting pola pikirnya. Hafalan bisa hilang suatu waktu, tapi pola pikir akan terbawa sampe kita mati, karena dengan pola pikir itu pula kita hidup.

kalo kata dr.Rachmat Gunadi, Sp.PD, tahun lalu,

"Koas2 itu kerjanya Ape-ing, alias doger monyet. cuma niru2 kata orang. Ga membaca, ga mikir."
*agak JLEB! tapi bener juga sih, kebanyakan ditelen bulet2 tanpa pake mikir

"landasan bergeraknya mesti dirapikan mulai dari masalah epidemiologi, dan semua ini gak akan tercapai kalo nulis status aja masih berantakan" 
- Prof.Dr.Med.Tri Hanggono Achmad, dr. di Rumah Makan Pasundan, Nijmegen
*kata2 ngeJLEB lainnya tapi emang ETA PISAAAANNN, PROF!!!



Masih banyak inspirasi2 lainnya yang didapet hari ini yang bingung mau mulai ditulis dari mana. Alhamdulillah aja ga cukup kayanya untuk inspirasi setiap hari yang saya dapet disini.

Gara2 pergi kesini ini, saya makin mantap pengen jadi dosen FK UNPAD!
saya pengen terlibat ngebangun sekolah yang mendidik saya 5 tahun untuk bisa jadi wadah pembelajaran terbaik di Indonesia dan mampu bersaing di dunia.
*lebay kayak ajang miss Indonesia*

Popular