Senin, April 08, 2013

koas ape-ing

Napak tilas pemikiran tahun lalu, secara prinsip ga banyak berubah. setidaknya, itu sudah cukup Alhamdulillah buat kehidupan koas yang begitu hecticnya dengan klinis. Kalau saya gak salah, minggu kedua bulan April 2012 itu tanggal saya ujian pertama koas IPD sama dr. Rachmat Gunadi, Sp.PD. dan itu setahun yang lalu. waktu itu rasanya sedih, sakit hati, meski sadar itu bener, tapi saya sekarang saya ngerasa ini bukan cuma masalah saya, tapi banyak koas lainnya.

kita (saya) sering nelen bulet2 rekomendasi pengobatan, teknik pemeriksaan, dan teori2 lainnya tanpa tau dasarnya dari mana, kenapa mesti begitu, untuk apa begitu, dsb. kayak doger monyet di pinggir jalan, ga pake mikir, nurut aja kata majikannya. Dan mestinya, istilah Ape-ing, alias memonyet, alias jadi doger monyet, terus berlaku bagi koas2 yang bertahan dalam keadaan tidak berpikir, termasuk saya ini. ayooo berubaah :)

"Kamu itu kerjanya Ape-ing, alias doger monyet. Cuma niru2 kata orang. Ga membaca. Ga mikir."
- dr. Rachmat Gunadi, Sp.PD, di Ruang Rheumatologi Lt.4 IPD-RSHS, April 2012.

Popular